Sebelum pemaparan, team dari SD Muhammadiyah Limpung diajak untuk berkeliling kampus SD Aisyiyah Unggulan Gemolong, mulai dari ruang komite, ruang makan yang besar dan luas sampai ke ruang pertemuan yang cukup untuk 1000 orang.
Menggali Best Practices melalui Studi Tiru
Rombongan yang terdiri dari kepala sekolah, guru SD Muhammadiyah Limpung dan Dikdasmen PCM Limpung disambut hangat oleh keluarga besar SD Aisyiyah Unggulan Gemolong. Kunjungan ini secara khusus bertujuan untuk mempelajari berbagai SOP yang menjadi tulang punggung keberhasilan sekolah tersebut.
"Kami sengaja memilih SD Aisyiyah Unggulan Gemolong sebagai tujuan studi tiru karena mereka telah memiliki sistem terstandarisasi yang terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan," jelas Abdullah Azzam, S.Psi., Kepala SD Muhammadiyah Limpung.
Implementasi Berjenjang
Dalam sesi diskusi, tim SD Muhammadiyah Limpung mendapatkan penjelasan rinci tentang proses penyusunan dan implementasi SOP dari tim SD Aisyiyah Unggulan Gemolong. "Kunci keberhasilan penerapan SOP adalah konsistensi dan evaluasi berkala. Kami menyusunnya secara bertahap sejak 5 tahun lalu," papar Murdiyanto, S.Pd, M.Pd., Kepala SD Aisyiyah Unggulan Gemolong.
Rencana Tindak Lanjut
Pasca kunjungan, SD Muhammadiyah Limpung segera menyusun action plan:
- Pembentukan tim penyusun SOP sekolah
- Adaptasi SOP yang relevan dengan kondisi sekolah
- Pelatihan implementasi SOP bagi seluruh stakeholder
- Penyusunan timeline penerapan bertahap
"Kami targetkan dalam 6 bulan ke depan sudah bisa menerapkan SOP inti di sekolah kami," tegas Abdullah Azzam penuh semangat.
Sinergi untuk Kemajuan Bersama
Kedua sekolah sepakat untuk menjalin kemitraan berkelanjutan. "Kami siap mendampingi proses adaptasi SOP di SD Muhammadiyah Limpung," tutur Murdiyanto, S.Pd, M.Pd menutup pertemuan. Dengan semangat kolaborasi ini, SD Muhammadiyah Limpung berkomitmen untuk segera menerapkan sistem terstandarisasi guna meningkatkan kualitas layanan pendidikan secara menyeluruh. (zm)(Reporter: Tim Media SD Muhammadiyah Limpung)